Campaigns

Apr 13, 2011

10 Cara Meningkatkan Mood Pagi Hari

Pernahkan anda menyadari bahwa apa yang terjadi di pagi hari akan menentukan apa yang akan terjadi di sepanjang hari tersebut. Ketika segala sesuatu berjalan dengan lancar, anda akan cenderung merasa lebih tenang dan bersedia untuk menghadapi apapun yang akan terjadi pada hari itu. Bagaimana cara membangkitkan mood anda pada pagi hari dan kemudian akan membawa perubahan untuk 16 jam ke depan? Kami telah berbicara dengan para ahli dan menyimpulkan 10 cara yang dapat membangkitkan mood anda sama seperti cerahnya mentari pagi yang baru terbit. Cobalah terapkan beberapa (atau semua!) cara ini untuk lebih bahagia dan lebih sehat.

1. Carilah satu kegiatan yang “memanjakan diri sendiri” Ketika anda bangun, luangkan 30 detik bagi diri anda berpikir paling tidak satu kegiatan menyenangkan untuk anda lakukan pada hari itu.....dan lakukanlah. Ketika Alice Domar,PhD, seorang psikolog dan salah satu penulis Live a Little !Breaking the Rules Won't Break Your Health (Hiduplah! Melanggar peraturan tidak akan mengorbankan kesehatan anda), berada di Los Angeles untuk tur promosi buku pada suatu musim semi, dia bangun jauh lebih awal dari biasanya, daripada kesal karena kurang tidur, dia menyadari dia dapat melakukan suatu yang menyenangkan, yaitu berbelanja buah-buahan segar di supermarket terdekat, dimana hal tersebut merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan kalau berada di rumahnya di Boston. Kegiatan belanja yang tak direncanakan tersebut, akhirnya membangkitkan mood dia pada hari itu.

2. Makan makanan bergizi seimbang. Awali pagi hari anda dengan mengkonsumsi berbagai campuran nutrisi dari karbodidrat kompleks dan protein yang dapat mengenyangkan perut anda hingga saat makan siang tiba, seperti oatmeal (sejenis makanan dari gandum) atau roti panggang dengan selai kacang (termasuk taburan sedikit kayu manis, yang dapat membangkitkan mood dan konsentrasi). Penelitian yang lain menemukan bahwa jumlah kafein dalam takaran sedang (200 mg, atau jumlah yang sama dengan 2 gelas kopi) dapat membangkitkan mood dan ketajaman mental, nikmatilah segelas kopi atau teh hitam dalam menu sarapan anda.

3. Hiruplah udara segar Keluarlah untuk melakukan beberapa gerakan fisik yang “ramah lingkungan” -- aktifitas fisik yang biasa dilakukan di luar ruangan -- bahkan jika anda hanya memiliki waktu beberapa menit saja. Para peneliti menemukan bahwa orang yang melakukan aktifitas olahraga, termasuk diantaranya berjalan dan berkebun, dapat membangkitkan mood dan kepercayaan diri yang lebih tinggi meski hanya dilakukan beberapa menit. Penelitian tersebut juga menemukan bawah olahraga dekat air dapat memperkuat efek dari olahraga yang kita lakukan, jadi jika anda tinggal dekat danau, sungai atau air terjun, itu adalah sesuatu yang baik.

4. Dengarkan suara alam Dapatkan keuntungan dari suasana luar ruangan, meski jika anda tidak dapat keluar, cobalah gantikan dengan cara mendengar kaset atau CD yang berisi suara-suara alam. Dalam penelitian baru-baru ini, ditemukan bahwa para sukarelawan sembuh dari kondisi stress mereke lebih cepat ketika mereka mendengarkan suara alam kombinasi dari air yang mengalir dan suara-suara burung berkicau. Bukalah jendela anda di pagi hari, dan dengarlah suara alam. Atau anda dapat juga menggantikan suara alarm anda dengan suara-suara alam sehingga anda dapat bangun dengan kondisi lebih baik.

5. Fokuskan pada suasana hati yang baik. Begitu anda bangun, Robyn Mckay, PhD, seorang psikolog yang tinggal di kota Tempe, Arizona AS, dan juga merupakan pendiri program latihan Smart Girl-Modern Goddess (sebuah Produk Podcast), merekomendasikan untuk menarik nafas yang dalam sebanyak 5 kali dan buatlah keputusan untuk membuat suasana hati baik pada hari itu. “Bayangkan, meski anda sedang frustrasi ataupun kaget, anda harus selalu ingat untuk menarik nafas yang dalam dan bertindak dengan bijaksana sesuai dengan keadaan anda,” katanya. Dr. McKay juga menganjurkan anda harus sering menarik 5 kali nafas yang dalam sepanjang hari, dan terus ingatkan diri anda sendiri agar membuat keputusan yang dapat membuat suasana hati anda jadi lebih baik.

6. Minum Coklat Hangat Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa minum minuman yang mengandung coklat dapat memperbaiki mood dan tingkat konsentrasi dari peserta penelitian --- bahkan pada saat mereka harus menyelesaikan soal matematika yang sulit. Jadi cobalah untuk menikmati coklat hangat yang rendah lemak atau susu skim dan coklat hitam. Protein dan karbohidrat di dalam susu akan membantu anda menjaga kadar gula darah anda agar tetap stabil sampai makan siang, dimana juga akan menjaga suasana hati anda tetap baik.

7. Cari waktu untuk menilai diri anda sendiri. Jangan langsung turun dari tempat tidur ketika anda baru bangun. Luangkan setidaknya 5 menit untuk memberi perhatian pada tubuh anda dan rasakan apakah anda merasa tubuh anda sedikit kaku, kemudian cobalah untuk merentangkan tubuh anda dan ambillah nafas yang dalam, saran Lynn Louise Wonders, seorang psikoterapis dan guru yoga di Marietta, Georgia AS. Dia mengingatkan, “Sebelum bersiap-siap untuk menyelesaikan ribuan tugas anda pada hari ini, akan sangat baik untuk meluangkan waktu 5 menit untuk membangkitkan mood, mempersiapkan tubuh dan nafas anda. Anda akan merasa anda akan lebih siap untuk menghadapi semua urusan anda yang sedang menanti anda di hari itu.”

8. Bayangkan hal yang negatif. Anda mungkin pernah mendengar bahwa bersyukur adalah sebuah cara pembangkit mood yang baik, tetapi ada sebuah cara lain untuk mendapatkan hasil yang sama. Coba bayangkan hal positif dalam hidup anda -- seperti bagaimana anda mendapatkan kerja impian anda, bertemu dengan pasangan ideal anda -- dan kemudian bayangkan bagaimana keadaan hidupmu jika itu tidak kamu punyai sekarang. Pastinya Anda akan merasa bersyukur. Meskipun cara ini kadang kala akan memberikan efek yang berlawanan, akan tetapi sebenarnya dapat membangkitkan mood dari salah satu peserta penelitian lebih baik dibandingkan dengan hanya membayangkan efek positif saja.

9. Menghirup aroma mint Para peneliti menemukan bahwa menghirup sesuatu yang beraroma mint dapat membangkitkan mood dan juga melawan rasa lelah. Cobalah untuk menaruh sebotol minyak beraroma peppermint dan sekantong teh pepperimint di sebelah tempat tidur anda, sehingga anda dapat menghirup aroma positif tersebut di saat anda bangun. Cara lain yang dapat membawakan suasana hati tenang bagi anda adalah mengunyah permen karet, cara ini dapat membangkitkan mood, konsentrasi dari salah satu peserta penelitian. Kunyahlah sebuah permen karet rasa peppermint setelah sarapan pagi.

10. Tersenyumlah Ada satu hal yang dapat anda lakukan dimana saja anda mau: tersenyum. “ Ingatlah!”, kata dr. Mckay, “ tersenyum adalah sebuah cara yang sederhana untuk mengubah mood anda -- dan juga mengubah mood dari orang-orang disekitar anda.” Jadi tebarkan mood baik anda dengan memberikan senyuman sesering mungkin, di pagi hari ataupun sepanjang hari anda.

Share:

1 comment:

  1. Thanks for sharing, is good tips
    i dah try...

    ReplyDelete

Suka tak dengan N3 saya, kalau suka dan rasa terhibur boleh la tinggalkan komen anda.. Terima kasih

♥Google+ Followers ♥

Happy Moment

Happy Moment
Love u More than u love me

Qudut & Anum

Qudut & Anum